> > A Memorable moment - part 3

A Memorable moment - part 3

Posted on Jumat, 04 Oktober 2013 | No Comments

BDG – BALI – LOMBOK ( 10 Days 9 Nights )

Day 4

Paginya atau lebih tepatnya subuh, kita semua mulai packing menuju ke Gili Trawangan. Beres packing, kita check out dan sarapan untuk terahir kalinya di Hotel Elen (masih sama pie polossss…ahahahh), Bli Wayan seperti biasa udah stand by di pinggir jalan Senggigi buat nganter kita ke Pelabuhan Bangsal. Cuaca emang lagi cerah alias panas banget ngebuat kita makin tambah pengen cepet-cepet nyebur di Gili. Perjalanan dari Senggigi ke Pemenang kira-kira nempuh waktu sekitar 30-45 menitan, nyampe di pelabuhan kita harus jalan dulu sedikit untuk beli tiket nyebrang (Pake cidomo juga bisa, tapi tarifnya sekitar Rp7500). Tiket nyebrangnya sendiri harganya Rp 12.000/pax pake kapal nelayan gitu, dicampur adukin sama barang-barang bawaan warga di dalem kapalnya (Tapi tetep enjoy, kaya naek kora-kora di dufan).

Sekitar 30 menitan kapal nyebrang ditambah seru+serem juga sih sama gelombang gede di deket pelabuhan Gili Trawangan, akhirnya kita sampe juga di negeri seribu bule. Kita masih belum dapet penginepan loh (yaelah), mau gamau kita nyari dulu (sambil googling dulu gitu nyari tempat penginepan murah di Gili) sampe dapet tuh hotel. Lumayan jauh sih dari pelabuhan awal, tapi kamarnya gede (cukup lah buat kita berjejal 5 orang…hahaha)+kamar mandinya juga bersih+yang ngurusnya ramah dibandingin hotel-hotel sebelumnya yang cuek. Nama hotelnya sih Bukit 2 Bungalow, lokasi tepatnya sih agak susah, soalnya masuk ke dalem lagi, pokonya patokannya ATM Bank Mandiri ada belokan masuk ke arah situ. Lanjut ada mesjid lurus terus ada perempatan ke-1, nah perempatan ke-2 belok kanan. Nah penginepan kita ga jauh dari situ, tinggal tanya-tanya aja sama warga situ. Kalo kata saya sih recommended+penjaga hotelnya yang baik+ramah.

Di hotel kita istirahat+makan sebentar, udah itu kita langsung cabut buat berenang di pinggir pantainya. Ga sabar banget buat nyebur dari pagi, akhirnya kita nyebur juga. Berenang di pinggir Pantai Gili ini ada sensasi nya juga ternyata, disamping bisa liat bule sliweran pake bikini dengan cueknya (Zzzz…) kita juga bisa liat view sekitar yang keren sambil maen freesbie. Di sisi kanan dari pantai, kita bisa liat kokohnya Pegunungan Rinjani dari belakang bukit kejauhan. Trus, kalo renang di pantai ini juga, ga berapa jauh dari bibir pantainya langsung kedalamannya 2m loh(sempet kaget juga sih pas kebawa ombak kecil, langsung ga bisa nginjek lagi pasir…wahahaha). Lumayan terpuaskan juga hasrat pengen nyeburnya, sampe sore kita langsung cabut penginepan lagi.

Nyampe penginepan kita mandi+istirahat+makan dan langsung cabut lagi buat jalan-jalan keliling Gili Trawangan (penasaran juga malam hari di Gili pada ngapain?). Yaaa, ternyata emang standar-standar aja sih kegiatannya, mungkin kalo kita keluar sampe dini hari bakal beda lagi ceritanya yang rata-rata salah satu café/bar setiap harinya ada yang ngadain party gitu (pasti crowded banget sama bule-bule yang mabok ga karuan, kita emang ga tertarik buat hiburan malem kaya gitu). Akhirnya setelah cape keliling jalan Gili Trawangannya (yang bersempit-sempitan sama cidomo itu), dan cuman liat bule makan lahap doang. Kita langsung cabut aj ke penginepan lagi, ngisi tenaga (alias tidur) buat besok ber snorkeling ria di 3 Gili, kan lebih kece tuuh. Hehe.

Day 5

Di pagi hari kita langsung siap-siap buat snorkeling 3 Gili (ga lupa sarapan dulu), sebelumnya kita emang udah booking paket snorkeling nya dulu, rata-rata 100k tiap paketnya (include sewa kapal, life jacket, snorkel tapi ga sama sewa fin yah, kalo sama fin bayar lagi sewanya sekitar 15k-25k). Nyampe di dermaga Gili Trawangan, kita langsung naek kapal dan isinya bule semua yang siap nyebur snorkelingan (segeeerr, bule cowok nya sih ga seger…hahaha). Keliling 3 Gili ini emang udah pasti jadi tujuan wajib kalo yang liburan ke Lombok, coralnya lumayan ada sih walaupun ga sebanyak di Karimun Jawa. Ikan-ikan nya juga banyak ditambah 1-2x penampakan penyu di dasar lautnya (bagi yang beruntung) plus juga bangkai kapal yang puluhan tahun (mungkin) ga diangkat-angkat ke permukaan yang jadi tempat ikan-ikan buat maen. Karakter coral di Gili ini lebih variatif bentuk/warnanya, tapi sayangnya banyak coral yang udah mati/rusak. Gatau juga sih rusaknya karena apa, mungkin juga karena banyaknya wisatawan (yang kurang penyuluhan dari guidenya) yang berkunjung ke Gili, dan turut ngasih andil buat rusaknya coral-coral di Gili. Sekitar 4-5 jam waktu dihabisin buat ikut pake snorkeling ini, cukup worthed kok daripada terus-terusan berjemur di pinggir pantai Gili Trawangannya.

Ga lama setelah kita selesai snorkeling+sampe di Gili Trawangan lagi, dengan pertimbangan biar capek sekalian kita menjelajah Gili Trawangan (ada beberapa spot yang mirip di film-film gitu, sepi, banyak burung, kiri kanan ladang/peternakan, dll) sampe akhirnya ketemu spot sunsetnya. Spot nya ini ternyata bekas bangunan café/bar yang udah tutup selama bertahun-tahun, jadi kayanya café ini emang ngejual keindahan Gili Trawangan di waktu sunset tapi pengunjung sepi, jadi tutup dahh. Setelah puas nikmatin sunset, badan ini kayanya udah di titik maksimal buat beraktivitas akhirnya kita pulang ke penginepan+istirahaaaaat. Rencananya pagi harinya, kita lari pagi keliling Gili Trawangan sambil liat sunrise. Tapiiiii, pasti pada tau lah hasilnya kaya gimana?GAGAL!iya gagal, apesssss!kenapa gagal?karena kita keenakan tidur pules sampe bangun jam 7an, mau maksain lari juga tenaga belum ke kumpul semua. Hahahaaaa…mungkin di lain kesempatan, kita bisa nyobain liburan sambil olahraga pagi kali yah, mudah-mudahan. Hahaha.

Day 6 dan 7

Jam 10an kita packing buat balik ke Pelabuhan Bangsal lanjut ke Pelabuhan Lembar pake mobil yang kita carter pas kita pergi, sebelumnya kita mampir dulu ke Ayam Taliwang 2 Em Bersaudara yang terkenal ituuu di Lombok (padahal di Bandung juga ada…hahhaa) karena penasaran. Seperti biasa, kita killing time dulu pas sampe di Pelabuhan Lembar sampe magrib, sebelum akhirnya nyebrang ke Pelabuhan Padang Bai Bali. Tepat jam 11 malem kita sampe di Pelabuhan Padang Bai, daaaan killing time lagi sampe akhirnya kita mutusin buat tidur sebentar sampe di jemput Bli Wayan (mobil taksi yang kita sewa pas perginya) jam 3 subuh. Dengan harga kurang lebih sama (yaelahhh bli, ngeliat jaraknya jauh lebih deket daripada jarak Bandara Ngurah Rai-Padang Bai karena capek, ya iya-iya aja lah kita waktu itu) kita langsung tancep gas menuju Ubud, Bali yang ditempuh dalem waktu 1 1/2 jam. Yuhuuuu…

Tiba di waktu subuh, kita langsung keliling nyari penginepan yang kosong (rata-rata udah pada full, dan banyak yang menginap sampe mingguan ataupun bulanan….Gileeeee, biasanya bule sih yang gitu. hehe). 1-2 ekor anjing emang banyak ditemuin kita waktu itu, khawatir juga sih kita takut dikejar karena kita pada bawa tas segede gambreng loh. Tapi untung ada beberapa warga Ubud (yang emang pada ramah-ramah banget) yang sesekali ngusir anjing-anjing yang coba ganggu kita. Hehehe…Maklum, satu lari pasti semua lari termasuk anjingnya, makannya harus kompak, mana ada 2 cewek lagi kalo diajak lari pasti repot. Hahahaha.

Setelah keliling, akhirnya ada satu penginepan yang cocok banget sama kita+ada kamar kosong. Nama penginepannya Sari Nadi, letaknya sih di Jalan Monkey Forest 80571, harganya 400 ribu/hari kalo hari biasa sih bisa sampe 150ribu/hari. Yang ngurus penginepannya juga ramah banget, kamarnya bersih, ruangannya lumayan luas, daaaan kamar mandinya ajib punya loh bikin enak lama-lama buat mandi (ada air panasnya juga), gazebo dari penginepannya juga nyaman banget (bikin kangen) buat ngobrol+nongkrong-nongkrong cantik nunggu bule kece yang seliweran. Hehehee… Langsung deh kita booking buat 1 hari doang, dan hal yang dilakuin sama kita pas pertama kali masuk kamarnya, yaaa mandi (efek tidur ngemper di pelabuhan, pasti bisa ngebayangin lah yaaa…hahaha) lanjut istirahat buat ngisi tenaga. Udah puas istirahat, siangnya kita lanjut keliling Ubud buat jalan-jalan+nyari makan. Suasana di Ubud bener-bener menyihir kita loh, gimana ngga?disamping udaranya yang mirip kaya Bandung, karakter kotanya yang rapih+tertata, bangunan-bangunan rumahnya yang mayoritasnya masih bergaya Bali, dan budaya Bali nya yang masih kental, ditambah sama penduduknya yang ramah-ramah ngebuat kita mikir 2x buat ngubah itenerary. Hahaha…bisa kaya gitu (karena Ubud). Yang tadinya besok sore kita udah pergi ke Kuta Bali, langsung dirubah jadi lebih lama lagi tinggal di Ubud buat mengexplore kotanya. Hahaha… Mau gamau, kita ngehubungin lagi deh tuh Sari Nadi nambah 1 hari lagi buat nginep. Hahaaaa…

Setelah keliling-keliling sambil nyari agen travel buat nganter kita besok, akhirnya kita mutusin buat makan dulu. Kita pas di Ubud makan di resto yang keliatan menjanjikan gitu (asumsinya sih pengen makan enak karena keseringan makan abon di Lombok), ternyata resto ini adalah resto makanan organik (PAK!karena kita bukan penyuka makanan organik, mau gamau kita harus pesen makanan karena udah terlanjur duduk di kursi resto nya). Kesalahan kita waktu itu, kita gak liat label makanan organik di menu yang terpampang di depan resto tersebut saking laparnya+ngeliat interior hotel yang kece. Konyol kaaan?Hahahaha.

Udah kejadian apes itu, kita lanjut keliling Ubud, beberapa travel agen yang kita tanya-tanya sih rata-rata paketnya pada mahal, sampe nemu Bli Wayan yang nawarin paket murah. Kita semua langsung deal sama bli wayan yang bakal jemput kita besok paginya. Yeah, akhirny dapet juga kita harga yang murah setelah mahal-mahal terus dari pas di Lombok. Hahaha. Di sela jalan-jalan, kita beberapa kali liat+foto-foto persiapan buat kegiatan adat masyarakat Bali, karena emang penasaran kita akhirnya bertanya ke warga Ubud dan ternyata kegiatan tersebut adalah rangkaian dari upacara adat ngaben (pembakaran jasad orang meninggal) yang jadi ciri khas budaya masyarakat Bali sampe sekarang. Dan lebih excited nya lagi, ternyata upacara puncak Ngaben itu jatuh lusa esok pas kita check out dari hotel. Yeah, cukup beruntung buat kita bisa liat upacara ngaben langsung dan yang meninggalnya itu adalah mantan wakil bupati Gianyar (termasuk ngaben besar, sesuai tingkat derajat+pengaruh orang yang meninggal).

Capek keliling-keliling Ubud Center dari mulai liat toko-toko unik di pinggir jalan, ke Ubud market, ke Kou, ke toko yang jual souvenir, nyari tempat makan, dll akhirnya kita istirahat sambil ngobrol ngalur ngidul di gazebo penginepan sampe larut malem sebelum akhirnya istirahat total di kamar.