> > A Memorable moment - part 2

A Memorable moment - part 2

Posted on Kamis, 03 Oktober 2013 | No Comments

BDG – BALI – LOMBOK ( 10 Days 9 Nights )

Setelah buang-buang waktu di minimarket sekitar bandara, jam 3 subuh kita cabcuss deh ke Pelabuhan Padangbai pake taksi yang harganya 80ribu/pax (hasil nego nya sama mamang kumiw nih). Mayan lah yaaa, walau kemahalan juga sih tapi buat ngehibur diri sih harga segitu lumayan banget, soalnya peak season pasti harga akomodasi naik bisa sampe 100%. Hahahha…Perjalanan dari bandara ke Pelabuhan Padangbai kira-kira makan waktu 1-2 jam, tiba di Pelabuhan Padangbai jam 4 subuh, langsung beli tiket ferry seharga 40rb/pax buat nyebrang ke Pulau Lombok, dan ternyata jadwal keberangkatan ferry emang tiap jam nya selalu ada jadwal buat nyebrang jadi ga perlu nunggu lama-lama di Pelabuhan (ga kaya ferry yang ngangkut kita dari Karimun Jawa sampe Jepara waktu itu yang cuman ada jadwal 1x sehari. Pfttt…!).

Di tengah perjalanan di kapal ferry, kita berlima disuguhi salah satu pemandangan yang epiiiikkk banget sooob, golden sunrise dari ujung sebelah barat yang boleh dibilang sangat perfecto ditambah lagi kita lagi ada di tengah-tengah lautan luas. Sebelumnya, kita emang searching dulu waktu yang tepat buat nyebrang dari Bali ke Lombok. Dan hasil searching itu emang recommended banget, nyebrang kira-kira jam 4 subuh, trus pas di tengah perjalanan kita bisa liat sunrise (kalo cuaca bagus) dan nilai plus nya juga kapasitas kapal yang berangkat di jam itu masih kosong melompong banget penumpang, serasa kapal punya kita lho. Hahahaha. Kebetulan kemaren cuaca juga lagi bagus-bagusnya, yaudah kita puas2in jeprat jepret sampe puas, dan niiiiihhh hasilnya…

Selama kurang lebih 4 jam kita nyebrang, akhirnya tiba juga di Pelabuhan Lembar, Lombok. Kondisi badan yang capek karena belum istirahat yang cukup di kapal, akhirnya turun dari kapal kita langsung nego sama supir+calo angkutan koperasi pelabuhan dengan biaya sekitar 300rb dibagi 5 jadi 60rb udah include keliling nyari hotel yang cociks di Cakranegara-Mataram-Senggigi Pulau Lombok. Setelah muter-muter di Cakranegara & Mataram kita ga nemu hotel yang cocok, pertimbangan lain dari Mataram menuju Pemenang belum tahu info angkutan umumnya (rekomendasi dari sang supir sih langsung ke Senggigi, karena banyak hotel murah disana dan Pemenang juga ga terlalu jauh dari sana), akhirnya kita nentuin langsung menuju Senggigi dan menginap di Hotel Elen (rekomendasi dari catatan perjalanan orang laen juga sih).

Jam 12 siang tepat kita sampe di hotelnya, dan hotelnya ini bisa dibilang lumayan sih (Kasur double/triple+empuk, fan, kamar mandi juga bersih), tapi lagi-lagi karena peak season bisa kita bilang terlalu mahal juga dengan biaya 300rb/kamar plus dengan breakfast cuman pancake polos doang+teh manis anget. Padahal kalo hari biasa sih 150rb/hari juga dapet kayanya (beginilah nasib nge trip di peak season, tapi mau gimana lagi, dibawa asik aja coy. Hahahaha).

Kita nginep di hotel ini 2 hari, sebenernya kita pengen cari hotel yang lain sih, tapi karena capek jadi males nyari-nyari lagi. Hehehee. Hari pertama di Senggigi kita yang pasti istirahat dulu, udah itu nyari tempat makan yang murah. Ternyata oh ternyata, makanan di daerah Senggigi itu rata-rata pada mahal semua, cuman lapak milik Cak Pur dari Suroboyo doang yang harganya masih masuk akal. Puyeng abis deh kita (Kalo di Jogja kita udah bisa makan mewah kayanya kalo dirata-ratain sama harga makan di pinggir jalan senggigi) , untungnya kita punya amunisi yang lengkap dari Bandung. Pasti inget kan, kalo kita udah prepare sebelumnya, kita wajib bawa abon+kentang kering buat temen nasi, dan akhirnya itu jadi pilihan kita buat santapan waktu itu, cuman nasi doang yang beli di warung depan jalan gede Sengigi (cuman 5ribu doang!haahaha). Lumayan ngirit+puassss banget coy. Hehehe.

Sore sampe malemnya, kita jalan-jalan keliling Senggigi sambil nyari mobil sewaan buat keliling Lombok besoknya. Di Sore harinya, kita sempet liat sunset juga di pantai Senggigi dengan maknyosssnya ditemenin sate rembige (ga kenyang!:p), lumayan seru sih tapi masih belum epik banget serunya. Hehehe…Pas malemnya apalagi, gak ada yang spesial di daerah Senggigi ini, cuman banyak bule seliweran nyari tempat makan doang dan live music dari café di pinggir jalan (di Bandung juga banyak yang ginian mah), jadi standar aja sih kaya gitu Senggigi. Setelah puas keliling, kita nemu tempat sewa mobil yang pas buat keliling Lombok besoknya. Lagi2 mahal sih, tapiiiii emang standarnya segitu sih, sekitar 400rb hasil nego mamang kumiw (lagi) sama Bli Wayan dengan Avanza taun jebotnya. Hihihihi…!Deal deh kita berangkat keliling Lombok selatan besok pagi. Yahuuuyy…

Day 3

Pagi setelah breakfast dari hotel, Pak Wayan udah standby di pinggir jalan buat anter kita keliling Lombok. Langsung aja tancap gassss, tempat pertama yang kita kunjungin itu pusat kerajinan keramik khas Lombok tepatnya di Banyumulek, kita tentunya beli sedikit oleh-oleh disana (Mayan ngiler juga pengen borong, tapi gimana caranya nanti pulang masuk cabin pesawat?Hahaha) buat dibawa ke Bandung. Tempatnya ga terlalu gimana-gimana sih, cuman nilai plusnya kita bisa liat langsung cara bikin kerajinan keramiknya itu sendiri (tempatnya tepat di depan toko jualannya), jadinya ya ga bosen bisa sambil liat cara bikinnya. Udah dari situ lanjut menuju pusat kerajinan tenun khas Lombok di Desa Sukarara, disana merupakan pusat kain tenun yang dikumpulkan dari hasil karya dari masyarakat Lombok itu sendiri. Mulai dari yang murah sampe yang harganya bikin pengen gantung diri, tapi emang worthed sih dijual mahal. Bikinnya aja lumayan bisa bikin gempor badan (nanya temen cewe yang udah sedikit nyobain tenun, ternyata lumayan pegal+capek), karena pengerjaannya juga emang harus manual tapi ada juga sih yang pake mesin atau semi mesin dengan harga yang lebih murah dibandingin pengerjaan manual.

Puas di tempat kedua, kita lanjut menuju Desa Sade di Lombok Tengah. Nah, di tempat ini kita ditemenin sama guide dari masyarakat Desa Sade sendiri (keren nya, dibayar secara sukarela aja loh) buat keliling Desa Sade tersebut yang kental dengan warisan budayanya, mulai dari bangunan, aktivitas desa nya, adat nya, dll. Desa ini mayoritas penduduknya asli Lombok, makannya bule banyak yang tertarik buat berkunjung ke Desa Sade. Banyak kebiasaan yang unik di Desa Sade ini, mulai dari dasar rumah yang harus dibersihkan pake kotoran kerbau (Iyay!sempet nginjek juga sih lantainya, katanya baru paginya rumah tersebut dibersihin lantainya pake tokai kerbau, tapi anehnya gak bau lho?keren!) tiap waktu yang udah ditentuin, ada juga kebiasaan lamaran dari cowok di desa Sade yang wajib bawa kabur cewe yang mau dilamar, gimana pun caranya (katanya, kalo cuman bilang ke ortu nya bisa dibilang itu suatu penghinaan. Karena anaknya disamain sama barang yang dijual, makannya perlu ada usaha yang keras buat ortu tersebut dibikin salut anak cewenya bisa dibawa kabur…hahaha…kece banget kan coy). Super duper keren pokonya denger cerita dari guide kita tentang kebiasaan di Desa Sade ini, cukup recommended juga buat disinggahi kalo mau ke Lombok. Selain itu, masyarakat Desa Sade juga rata-rata berdagang kain tenun, gelang, kalung, kerudung, sampe taplak buat meja di sisi-sisi rumah yang kita lewati untuk kebutuhan hidupnya. Mudah-mudahan sih, desa Sade ini masih terus ngejaga budayanya, jangan sampe sisi komersil (seiring banyak turis lokal/mancanegara) malah jadi ‘ngebunuh’ budayanya.

Lanjuuuttt, tujuan kita selanjutnya apalagi kalo bukan pantai Kuta Lombok. Ga jauh dari Desa Sade sih, makannya ga geje dijalannya (apalagi liat kanan kiri udah banyak bule yang berbikini ria dengan bebasnya di jalan kecil sekitar Kuta Lombok. Hahaha). Sampe di Kuta Lombok kita sedikit kecewa, karena ga ada spot yang teduh selain di rumah makan pinggir pantai. Disamping banyak juga cerita kalo penduduk lokalnya pada suka iseng/jahil, akhirnya kita disana cuman jeprat jepret foto sebentar udah itu langsung cabut lagi sambil beli nasi dulu di warung nasi (what?nasi lagiiii?ya iyalaaah, kita kan makan pake abon lagi!WTF!hahahaha!tapi beneran irit loh!haha).

Perjalanan dari Kuta Lombok langsung ke Pantai Tanjung Aan, ga jauh juga sih tapi jalannya mayan bikin shockbreaker mobil Pak Wayan ini kerja ekstra keras. Tapi ga berapa lama dari itu, kebayar juga kerasnya dijalan dan langsung disambut view Tanjung Aan yang terkenal seantero dunia (Lebayyyyy). Turun dari mobil, langsung deh kita botram makan dulu di bawah pohon rindang (pake abooon, teuteuuppp). Kita lama-lama sempet risih sih juga sama penduduk sekitar yang nawarin cenderamata khas Lombok dengan paksaan (tapi masih dalam tahap normal sih) ke kita, berkali-kali pula. Tapi karena sebelumnya kita udah tahu tips ngadepin penjual di pinggir pantai oleh Bli Wayan, Alhamdulillah kita baek-baek aja sama penduduk lokalnya, walau masih ada ‘jarak’ kalo ngobrol langsung. Ini lho tipsnya, kalo di Lombok tuh jangan sekali-sekali pegang dagangan dari penjual kalo ga dibeli, karena bakal fatal akibatnya (Itu artinya barang harus dibeli, lain halnya kalo ga dipegang/bilang ‘ngga’ ke pedagang, itu artinya ga tertarik sama sekali sama barang yang ditawarin. Alhasil pedagang pun ga nawarin lagi). Baca-baca di forum sih sampe ada yang dikejar-kejar sama penduduk sekitarnya, pake parang lagi. Serem banget kan? Ampun deh, nah ini sih yang bisa bikin wisata di Lombok selatan rusak. Mudah-mudahan ada perbaikan dari semuanya dan ga usah takut dateng kesana, recommended kok, yang harus dilakuin cuman waspada aja. Hehe.

Pantai Tanjung Aan ini kereeen banget, lebih keren lagi ada Bukit gitu biar bisa liat lautan Samudera Hindia yang membentang luas dan view pesisir Pantai Tanjung Aan itu sendiri. Ga butuh waktu lama setelah makan, langsung naek bukit lanjut jeprat jepret seenak jidat. Hahaha. Pas liat view dari atas, Tanjung Aan ini emang punya 2 pasir yang beda. Sebelah kiri/timur pasir berwarna agak kecoklatan dan bentuknya kaya merica, kalo yang sebelah kanan/barat pasir warnanya putih dan bentuknya kaya tepung terigu (ga tepung terigu juga sih, tapi kaya pasir putih biasa). Ga puasnya sih cuman satu, kita ga berenang di Pantainya, soalnya rata-rata kita ga bawa baju buat ganti. Sigh…

Yeps, perjalanan masih lanjuuuut dan tujuan terakhir di hari ini nikmatin sunset di Bukit Malimbu Senggigi. Lumayan jauh juga sih dari ujung selatan Lombok sampe di ujung utara Lombok (ga ujung-ujung juga sih, tapi pengen aja jadi lebay), kira-kira nempuh waktu 2-3 jam, untungnya sih jalan nya ga semacet kaya di kota asal kita, Bandung (amit-amit dah). Di Bukit Malimbu ini, kita bisa lihat sendiri dengan mata telanjang Trio Gili yang kesohor itu dari kejauhan, selain bisa lihat samudera lautan yang luas. Hehehe. Cantiknya juara lah, enak juga buat lama-lamaan disini suasananya lumayan rame kalo waktunya sunset. Kalo suasananya sepi, mungkin lebih kece banget ini tempat. Setelah foto-foto+nongkrong beberapa menit, akhirnya si matahari mulai tenggelam juga persis di belakang Gunung Agung Bali yang berdiri kokoh, alhasil siluet Gunung Agungnya kece banget tuh disana. Ga kebayang tuh gunung gedenya kaya apa, padahal Gunung Agung sendiri tepatnya ada di Pulau Bali, tapi masih terlihat sampai di Lombok. Subhanallah sekaliiii.

Tapi ada sedikit lagi hal yang disesalin, kita ga nemu spot buat foto yang kereeeen yang sering muncul di catper-catper orang lain. Kok kita gak nemu yah?sampe sekarang masih penasaran loh, spot itu ada dimana. Tapi yaudahlah, segini juga udah sukur kok bisa dateng kesana. Hahhaa.

Yak, tempat ini adalah tujuan terakhir dari perjalanan kita hari ini. Lumayan capeeek kita semua, akhirnya pulang kembali ke Senggigi, mandi, istirahat bentar trus malemnya nyari makan yang murah meriah sambil nyari spot wifi (Zzzzz…). Besoknya kita langsung checkout menuju Gili Trawangan dianter (lagi) sama Bli Wayan dan harganya (udah paling males nyantumin harga) “murah”. Hahaha…