> > TRIP AMAZING KARIMUN JAWA - Part II

TRIP AMAZING KARIMUN JAWA - Part II

Posted on Kamis, 03 Mei 2012 | No Comments

DAY 1 KARIMUN JAWA

24 Maret 2012

Jam 1.30 siang akhirnya kita nyampe di dermaga Karimunjawa, air laut di dermaga aja jernih banget ternyata (sampe ikan kejar-kejaran berebut beras sembako aja keliatan, apalagi pas snorkeling nanti! ga sabaaar)” . Yeppp, rombongan dari travel agent kita pun berkumpul dulu  di dermaga untuk dikasih briefing singkat dari guide sebelum pergi ke homestay. Beres briefing bareng pak mul, kita langsung menuju  homestay yang bakal kita tinggali selama 3 hari kedepan, pake mobil yang udah disiapin oleh travel agent. Perjalanan dari dermaga besar ke homestay cuman butuh waktu 5 menit aja. Wilayah yang dihuni di karimunjawa emang kecil, jd dari satu tempat ke tempat lain ga begitu jauh. Sampai di homestay kita milih untuk istirahat sejenak karena udah nempuh total waktu 14 jam lebih buat perjalanan dari Bandung ke Karimun Jawa. Itung-itung sambil ngecharge batre hp/gadget/cam kita, tapiiiii ternyata kita baru inget kalo siang listrik mati di sana. Jadi listrik hidup cuman dari jam 6 sore sampe jam 6 pagi. Yaudah, mau gimana lagi. Pasrah aja kali yah, sambil ngelus-ngelus batre yang sekarat.

Homestay yang kita tempatin cukup nyaman dengan beberapa kamar yang cukup luas, rapi dan bersih. Dan 2 kamar mandi yang cukup terawat. Setelah beberapa lama istirahat, kita pun makan yang emang sebelumnya udah disiapin sama travel agent. Selama disana makan kita ditanggung loh sama travel agent sampai 7x makan selama 3 hari, sesuai sama paket liburan yang diberikan sama travel agent itu sendiri. Yuhuuuu…!maknyos banget kan?

Pas waktu sore, kita inisiatif buat jalan-jalan ke alun-alun Karimun Jawa dan menuju ke dermaga kecil buat liat sunset. Yuhuuuuu…!!!Nyampe di Alun-alun Karimun Jawa, ternyata banyak yang jualan disini. Macem-macem juga dagangannya, ada yang jual kelapa muda bakar, ketela, martabak, dll. Yang saya tau malah cuman tempatnya Ibu Ester aja yang recomended, soalnya tau dari hasil baca-baca di blog orang lain yang udah pernah ke Karimun Jawa. Ternyata warung Ibu Ester itu selintas kaya Warung Tegal, kirain saya kaya model-model tempat makan khas sunda gitu yang ada menu makanannya di tiap meja, taunya salah. Hehehe…!

Setelah keliling Alun-alun, kita lanjut jalan ke Dermaga Kecil. Ga jauh kok ternyata dari Alun-alun, jalan beberapa menit aja udah nyampe. Ternyata makin sore makin banyak yg dateng ke dermaga kecil buat liat sunset.  Sampai akhirnya sunset bisa kita liat dengan jelas, berhubung cuacanya lagi ngedukung alhasil mataharinya bulet sempurrnnaa. Keyeeeeennn banget loh!!!

Udah puas liat sunset, tujuan kita selanjutnya balik ke alun-alun buat cari cemilan. Target kita saat itu, beli kelapa muda bakar, tapi ternyata kelapa muda bakarnya udah abissss…!Tet…tott… Tapi kita ga terlalu kecewa juga sih, kan di Bandung juga ada yang jual (katanya). Dan akhirnya, kita sepakat buat beli kelapa muda yang seger aja dulu buat sekarang, besok baru kita beli kelapa muda bakar.

Ngemil beres, Minum beres, yaudah kita pulang ke homestay. Sampe di homestay agak bingung. kok banyak orang? Ternyata semua  rombongan KM Muria yang tiba sore tadi dan ikut dengan travel agent yang sama dengan kita, baru pada dateng dan lagi pada ngumpul buat ngobrol-ngobrol. Ada yang dari Bandung (sama kaya kita), ada yang dari Jakarta, ada yang dari  Surabaya, ampe dari yang terjauh dari Malaysia. Rombongan dari Bandung ada Saya, Ersa, Mira, Kumiw, Tyas, Teguh sedangkan dari Jakarta ada Dandi, Surabaya ada Icha, Winda, Kiki, Tyan. Kalo dari Malaysia ada Pak cik Anuar, Mak cik ita dan 2 pak cik lainnya (lupa namanya). Setelah semua rombongan berkumpul, guide kita ngasih briefing snorkeling yang dilakukan besok sambil mengukur ukuran kaki kita buat sepatu katak. Lanjut istirahat di kamar masing-masing, siap-siap deh besok snorkeling. Yuhuuu…(Ga lupa nyiapin keperluan batre buat dipake besok. Hehe!)

DAY 2 KARIMUN JAWA

25 Maret 2012

Bangunnnn…Bangunnn…!Tepat jam 6 pagi kita semua bangun, masih cape+ngantuk sebenernya tapi kita harus siap-siap buat snorkeling full seharian. Gara-gara mau nyemplung jadi kita cuma modal sikat gigi terus ganti baju di homestay, berangkat deh siap tempur buat snorkeling day (Walaupun saya sendiri baru pertama kali ngerasain snorkeling dan ga bisa berenang!hahahahaaa…!tapi enjoy ajaaa…!). Sebelum berangkat ke dermaga besar, kita semua sarapan pagi dulu. Mantaaaappp…!

Kapal udah siap di dermaga besar, buat nganter kita nyebrang pulau hari ini. Guide kita di kapal itu ada 3, Pak Mul, Pak Bambang (kocak banget nih si bapa satu ini, ngomongnya sedikit tapi sekalinya ngomomg bikin ngakak…hahaha), dan satu lagi Paaakk, siapa yah?(lupa namanya siapa..hehe). Dan tau ga sih, rombongan kita tuh heboh banget dibanding rombongan lain, orang-orangnya emang pada doyan becanda kali yah (sampe keliatan kaya rombongan yang udah pada kenal sebelumnya padahal baru kenal kemaren!hahahha…). Kapal berangkat juga dari dermaga besar sampe akhirnya tiba di spot pertama snorkeling (spot menjangan kecil). Yes, yes, yesssss…akhirnya snorkeling juga kitaaaa…Saya sendiri ngidam-ngidam sejak jaman fir’aun pake dot, kerjaannya cuman liat dokumentasi orang sambil ngiler pengen nyoba snorkeling akhirnya kesampean juga saat itu. KERENNNN. JUARAAAA. MANTAPSSS…Yang paling puas tuh yang bisa berenang, bisa nyelam ke dasar spot snoreklingnya sambil foto-foto dengan latar full coral ditemenin sama ikan-ikan hias yang bertebaran. Anjislah, kenapa saya ga bisa renang?kerjaannya cuman ngapung doang di atas laut (nemenin kapal yang lagi ngetem berasa kaya calo nya kapal. Kampret…!!!hahahaaa).

Di spot ini saya ga keliling kemana-mana, karena takut kena bulu babi (apes juga kalo kena bulu babi, yang niatnya liburan malah sakit pas pulang-pulang?mending nyari aman aja deh!hahahaa!”alibi!”). Karena dasar permukaan spot yang tidak merata, kadang rendah sekali trus tiba-tiba langsung menuju palung akhirnya saya ga ngeberaniin diri buat jauh-jauh dari guide saya, sedangkan si bulu babi itu emang bertebaran di dasar spot dengan berlindung di selipan-selipan coral.

Pemandangan dasar laut di spot ini keren pisaaaannn, Ikan-ikan hias yang cantik bolak balik minta makan (wajib bawa roti atau biscuit). Dan dokumentasi underwater menjadi menu wajib yang kedua buat yang mau kesini. Seruuuu banget… Beres snorkeling di spot pertama, lanjut menuju Pulau Cemara Besar yang ga jauh jaraknya sama spot pertama. Pulau ini punya hamparan pasir putih yang luas banget, kita harus nyebur dulu (dalemnya air sekitar sepinggang orang dewasa) buat nyampe ke daratan asli pulau. Airnya tenang ga ada ombak sedikitpun, sampe-sampe di pinggir daratannya juga kita bisa renang kaya di kolam renang buat anak kecil.

Di pulau ini juga kita ketemu 3 anak kecil lucu dan baik. Mereka itu adalah anak dari beberapa guide travel agent yang lain. Namanya Danis, Zaki, dan Akmal. Kita ngobrol panjang lebar dan kebetulan pas kita tanya-tanya merekanya antusias. Saking polosnya mereka, tiba-tiba nawarin kita buat liat ikan pari (berhubung kita entah kapan terakhir ke seaworld liat ikan pari) jadi kita semangat minta bawain tuh ikan pari. Hahaaa..  ternyata beneran loh, mereka bawain ikan pari yang udah keiket tanpa sepengetahuan nelayan yang punyanya!hahahaaaa!!polos bgt kan? Mereka juga ngasih oleh-oleh rumah bintang laut yang mirip kerang. “ini kenang-kenangan buat kamu” katanya. Huahaa.. baik bener ni bocah-bocah. Alhasil, kita pun inisiatif buat ngajak ketemuan tar malam di alun-alun dgn niat mau traktir (ciyeehh..).

Yuhuuu, waktunya makan siang!!! Menunya ikan bakar yang udah di buat Pak Mul dan Pak Bambang dibantu bapa satu lagi (lupa namanya). Ikan bakarnya ga sekering ikan bakar yang biasanya ditemuin di bandung. Katanya sih orang karimun emang kalo bakar ikan ga terlalu kering. Tapi yang jadi khasnya lagi  sebenernya sambelnya. Racikannya enak banget, sebelumnya saya belum pernah nemu racikan kaya gini. Pokoke maknyoos!

Setelah beres makan siang, kita pun lanjut menuju Tanjung Gelam, yang tempatnya berada di belakang Pulau Karimun Jawa. Perjalanan kurang lebih memakan waktu 1 jam setengah dari Pulau Cemara Besar. Di pulau tersebut ada beberapa warung yang jualan bermacam makanan dan minuman dari mulai gorengan, kelapa muda, sampai minuman soda. Dan keunikan pulau ini memiliki batu-batu pantai yang indah di pesisir pantainya. Ga lupa juga ada pohon kelapa yang miring ke laut, sepintas keliatan kaya mau roboh (Ga sempet foto-foto di spot tersebut, malah keasikan nungguin sunset di batu-batuan pesisir pantai…Asemmmm!huaaa). Sampe akhirnya waktu mendekati saat-saat matahari terbenam alias sunset, dan pulau ini adalah best spot nya pulau di Karimun Jawa buat liat sunset tapi akhirnya kita ga dapet momen sunset seperti kemarin yang terlihat jelas hingga bentuk matahari bulat. K E C E W A !

Akhirnya kita pulang menuju dermaga besar dan menuju homestay untuk mandi, karena badan sudah lengket efek dari air laut yang asin. Berhubung abis mandi langsung tepar kecapean. Akhirnya niat pergi ke alun-alun buat ketemu 3 bocah yang udah kita janjiin mau ditraktir pun ga jadi (nah loh, kasian!!) Maafin kita loh Zaki, Danis, Akmal…!hiks…! Akhirnya kita malah ngobrol ngalur ngidul dengan gank yang baru merilis nama “gank empang” (rombongan travel). Sejarah nama gank empang sendiri awalnya adalah dari satu momen yang di dapet pas siang, dimana saat itu kita belum dikasi aba aba buat nyebur, udah main hajar aja nyebur ke laut. Makannya kaya anak empang semua rombongan kita..hehe….! Makin malem, volume suara kita malah makin kenceng (aneh..) hahaaa.. apa lagi pas bahas detik-detik KM Muria disusul Bahari. Mereka ngamuk ngamuk dengan mimik muka apes, mereka langsung bilang, “sialan kalian!”hahahhaaa…maaf ya mbak/mas.