> > BAS 2012

BAS 2012

Posted on Minggu, 30 September 2012 | No Comments




Udah dari jauh-jauh hari kita berdua ngeliat spanduk event ini sebelum orang kebanyakan pada tau. Letak spanduknya di jalan Kiaracondong, Bandung. Pertama ngeliat bener-bener seneng banget, ternyata mau ada lagi event kaya gini lagi sampe akhirnya seminggu sebelum event berlangsung sounding (baca:promosi) eventnya mendadak serentak di publikasiin dimana-mana (alamat padet lagi inimah eventnya, soalnya kita udah pernah ke event ini 2 tahun ke belakang…sigh). Tapi namanya juga event, pasti pihak EO nya ya gamau acaranya garing juga makannya event ini mau gamau harus narik banyak pengunjung.

  
Lanjut langsung ke hari h nya, Saya dan Ersa dateng hari Sabtu karena hari sebelumnya kita emang ga bisa dateng karena ada beberapa hal. Pagi kemaren saya dateng jam 09.30 di lokasi. Nah pas dateng itu kita langsung disambut take off nya 3 kapal jet yang namanya Black panther dari skuadron di Pekanbaru (kalo ga salah yah, kalo salah maapin sama koreksi aja…haha) yang akan ngelilingin langit di kota Bandung. Seneng banget kan, dateng-dateng langsung disuguhin kaya gitu lanjut lagi atraksi pesawat kecil yang manuver-manuver keren di atas event BAS2012 (di event sebelumnya, kita ga sempet liat aerobatic dari pesawat, karena ada satu hal yang bikin kita semua sedih waktu itu. Jatohnya pesawat saat manuver untuk aerobatic yang di nahkodai oleh pilot senior!L). Saya dan Ersa beberapa kali bilang, “kok bisa yah kaya gitu?” atau “mau deh kita ada di belakang pilotnya, kayanya asik banget”. Huaaaahhh…Makin seneng aja kita waktu itu, lumayan lama pesawat kecil itu menghibur kita. Well done capt (kagum!).


Muter-muter di lokasi, tapi kenapa yah kalo BAS yang sekarang tuh kaya kurang gregetnya. Beberapa hal  yang bikin kurang menurut saya adalah venue yang kecil dibanding tahun lalu dan ga sebanding juga dengan ribuan pengunjung yang masuk ke venue, karena tahun ini sisi yang menjorok ke landasan pesawat di pagari oleh panitia penyelenggara. Dan satu hal lagi, kita ga bisa langsung interaksi lagi sama pesawat secara langsung. Pesawatnya sendiri ada di balik pagar, kalau pun mau foto-foto di pinggir pesawat langsung ada tarifnya (Yang ini sih saya bisa ngerti kok untuk pengamanan dari tiap-tiap pesawat aja kan, secara gituh yang event sebelumnya saya liat anak kecil duduk-duduk gitu di sayapnya. Yaelaaahhh…gimana kalo patah tuh sayap?Zzzzz…!


Setelah lama muter-muter, dari kejauhan ada pesawat yang mendekat ke bandara dengan gagah dan cepatnya. Yak, itu 3 jet yang tadi take off bareng. Gilaaaaa, keren banget tuh pesawat (Apalagi Sukhoi yah?*susah bayanginnya). Beberapa kali 3 jet itu melintas BAS dengan datarnya, gila suaranya gahar abis kaya ada aura tempur gitu pas jet melintas (Ya iyalah, orang pesawatnya juga di desain tempur udara ditemenin juga sama amunisi senjatanya di bagian sayap dan badannya!mantep bangetlah!J). Sampe akhirnya 3 jet tersebut landing dengan mengeluarkan parasut di bagian belakangnya. Ga lama kemudian, ada atraksi selanjutnya yang disiapin oleh panitia penyelenggara. Terlihat titik-titik kecil dari atas langit BAS. Apatuh? Ternyata penerjun payung yang jumlahnya banyak menari-nari di udara yang sebelumnya dibawa oleh pesawat Hercules nya TNI AU. Keren juga apalagi sampe ngerasain terjunnya (ah ga juga deng, baru inget. Naek kora-koranya dufan juga takutnya setengah mati, apalagi terjun!pfttttt…).


Langit emang mendukung banget buat aerobatic saat itu, sampai tiba dimana pengunjung semua yang asalnya sebagiannya bertepuk tangan langsung bengong dan sedih. Karena satu insiden dimana pesawat kecil yang bermanuver di langit BAS terbang terlalu dasar dan hilang kendali, sehingga pesawat tersebut jatuh di sebuah gedung yang letaknya ga jauh dari bandara Husen Sastranegara. Sebelumnya pesawat sempat hilang karena tertutup pepohonan dari kejauhan hingga akhirnya asap mengepul dari kejauhan (suatu tanda pesawat tersebut emang jaruh). Para pengunjung langsung terhening hingga acara BAS pun terhenti karena panitia hingga TNI sibuk untuk memberi pertolongan darurat bagi korban dari insiden tersebut. Kita masih belum percaya disitu, ko bisa yah kaya gitu?sempet mikir dulu pas insiden tersebut, nyangkanya manuver tersebut emang berhasil dilakukan dan pesawat muncul lagi ke langit. Tapi mungkin yang kuasa berkehendak lain. Dan akhirnya kita mutusin buat pulang aja langsung karena situasi yang ga kunjung normal, dan event pun belum berjalan dengan semestinya.


Sampe rumah,  macet-macetan sebelumnya dan langit mendung dengan sendirinya pertanda duka cita yang mendalam buat kita semua. Langsung dapet kabar kalo 2 pilotnya meninggal seketika, kita langsung bengong dan masih belum percaya insiden ini bakal ada korban jiwa lagi. Mungkin Allah berkehendak lain Capt, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan keluarganya diberi ketabahan. Jujur, saya juga ikut sedih sih sama insiden ini. Satu hal yang saya ingin ucapin, selamat jalan kesatria di udara,  terimakasih atas liukan dari kendaraanmu dari atas sana. Salut capt! :(

Satu hal lagi yang mungkin saya ingin komentari, semoga event BAS ini akan tetap ada di waktu akan datang tetapi lebih di kemas dan di mantapkan lagi acaranya sehingga tidak lagi menimbulkan korban jiwa. Harapan tersebut mungkin juga ada di berbagai masyarakat kalo ngeliat animo masyarakat yang berbondong-bondong dateng ke event tersebut. Saya percaya ke depannya lebih baik lagi. Amiiinn…!

Cheers. :(

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.