> > Trip Surabaya-Bromo-Batu-Malang Part.1

Trip Surabaya-Bromo-Batu-Malang Part.1

Posted on Senin, 26 Mei 2014 | No Comments

pic : Bromo view from Penanjakan 1

Day 1

Waaaa, lama juga ga ngepost di blog karena eh karena berbagai kesibukan ini itu. Sekarang iseng-iseng ah ngepost lagi, mumpung masih anget momennya. Hehehe. Jadi, 2 minggu yang lalu tepatnya sih tanggal 1-4 Mei 2014 kemaren geng logay (dalam bahasa sunda nya loba gaya, bahasa indonesianya kebanyakan gaya) ngetrip lagi setelah sebelumnya pernah juga ngetrip bareng ke Jogja, tujuannya kali ini ke Bromo. Ide nya sih muncul tiba-tiba gitu, yang paling ngebet ke Bromo sih yaaa Ersa, secara dia belum pernah kesana plus juga ‘panas’ sama temennya (si Mira Geng Empang yang udah duluan kesana), sama juga sih sama Helda+Hilman juga belum pernah nyoba kesana.

Nah, dari ide awal sih pengennya trip ngeteng nya pakai angkutan umum, tapi pas dipikir-pikir lagi kita ini bener-bener di kejar sama waktu, berhubung tujuan kita ga cuman ke Bromo aja, tapi ke Batu Malang juga, akhirnya kita sepakat buat sewa mobil+sopir buat nganter ke Bromo+jalan-jalan keliling Batu Malang. Lumayan murah sih, ‘bengkak’ budgetnya cuman gara2 kita berangkat 4 orang aja yang idealnya sih bisa sampe 6 orang. Berangkat dari Bandung, tepatnya di Stasiun Kiaracondong jam 5 subuh, langsung cussss menuju Stasiun Gubeng Surabaya dengan waktu tempuh 16 jam (Anjir banget kan, gempoooorr nya, HAHAHA… tapi Alhamdulillah kita semua nikmatin perjalanan jauh itu dengan cekakak cekikik, ngemil, foto-foto, selang seling tidur, turun kereta bentar liat stasiun kecil, dll) .

Day 2

Sampai kota Surabaya sekitar jam 8 malem, kita berempat nunggu dijemput supir sekitar 3 jam dan langsung menuju Bromo. Nah, di jalan menuju Bromo ini sempet ada rintik-rintik hujan ternyata (saya masih trauma pernah dateng ke Bromo di waktu cuaca jelek, Sunrise ga dapet, Gulungan kabut di bawah Gunung Batok ga dapet juga, pokoknya itu apes banget…hiks). Tapi Alhamdulillah, pas udah nyampe di pos Jeep sekitar jam 3 subuh, ternyata cuaca super cerah dan lebih surprisenya lagi di atas langit keliatan milkyway + bintang-bintang yang bertaburan , super epik bangeeeeeettt kaya lagi ekspedisi di luar angkasa (hahaha…so iyeh banget, kaya yang udah aja ke luar angkasa) tapi sayangnya ga sempet di dokumentasiin, soalnya kamera nya masih belum canggih euy. Cukup memori ingetan kita aja mungkin yang bisa inget itu.

pic : Golden Sunrise view from Penanjakan 1

Nyampe di Penanjakan, kita langsung aja cari spot kece buat liat view cantik Gunung Bromo daaaaan Golden sunrise nya. Perlahan tapi pasti (anjis banget bahasanya) rona kuning ke merahan pun muncul dari ufuk barat menyapa Gunung Bromo dengan cahayanya, terus terang sy baru banget liat golden sunrise se epiiiiiiikkk itu. Gilak kereeen banget banget sampe merinding liatnya diselingi suara terpukau dari pengunjung laen, walau desek2an sama pengunjung laen yang pengen dokumentasiin momennya. Alhasil, dokumentasinya pun ga bisa maksimal, soalnya spot foto kita udah semakin desek2an sama pengunjung laen. Akhirnya cuman bisa dokumentasiin dari handphone masing-masing termasuk selfie dengan latar belakang Gunung Bromo. Yaaaa, ga masalah sih yang paling penting kita nikmatin banget magisnya view dari Gunung Bromo pas cuaca lagi cerah ceria. Hehehe.

Cukup waktu buat foto-foto (selain mulai ga nyaman sama pengunjung lain yang semakin chaos desek2annya, ampuuuun dah ) kita turun menuju Savanna, Padang pasir, Kawah Bromo (sempet waswas juga pas mau ke Bromo, soalnya berita seliweran di media sosial, kataya dilarang mendekati kawah Bromo sejauh 2km. Tapi ternyata media emang kadang suka lebay, kata pak supir jeepnya dari kemaren banyak yang ke kawah kok, terus bau belerang juga ga nyengat, ditambah gempa-gempa tremor juga ga kerasa sedikit pun…welehweleh). Sampe di tkp (Savanna+Padang pasir), langsung deh foto-foto sampe mampuuus, ga peduli juga kita diliatin sama yang laen lebay yang penting kita enjoy. Hahahaha.

pic : Savanna, Bromo

pic : pasir berbisik, Bromo

Nah bagian yang paling ditunggu saya adalah naek ke kawah Bromo nya (yah soalnya sempet kesini pertama, gak naek kawahnyaaaa!apeu banget kaaan?sekarang lah bisa kesampean) dari awal liat dari bawah keliatan kaya yang deket, tapi pas udah nyoba nanjak kerasa banget beratnya, sampe berapa kali kita istirahat. Pas naek tangga akhir pun, kita cuman punya sisa-sisa tenaga (yaiyaaa lah, malem nyampe Surabaya dengan kaki yang masih gempor langsung cabut lagi ke Bromo dan istirahat pun cuman 3 jam, itu juga cuman di tempat duduk Stasiun Gubeng) daaan pada akhirnya kita sampe puncak Kawah  Bromo juga. Wih, view ke bawah kece banget banget, ditambah view ke kawah gak kalah keren nya, tambah juga Gunung Batok berdiri gagah di samping kawah, yang sering kita liat foto-fotonya di blog orang atau di Google. Ah puas banget.

pic : Pura di bawah Mt. Batok / Kawah Bromo

pic : Mt.Batok, Bromo

pic : Kawah Bromo

pic : Hasil bumi masyarakat Tengger

pic : view ke bawah dari atas kawah Bromo

Yaaaa, cukup puas nikmatin Bromo nya kita semua langsung lanjut menuju Batu, Malang. Perjalanan kurang lebih 3-4 jam sampe hotel yang udah kita booking sebelumnya.Hotelnya sendiri mayan recommended kok, namanya Hotel Arjuno alamatnya di Jalan Raya Punten Kota Batu. Satu kamar gede Rate nya 250k diisi 4 orang. Mayaaaan kan, kamar mandi bersih+ada air angetnya juga, Kamarnya guedeee, ada TV, tapi ga ada AC sih (ga masalah kok, kan Batu juga udah adem cuacanya). Istirahat sebentar plus mandi dan lain-lain, lanjut pergi lagi jalan-jalan keliling Batu dan Malang (gilak kan itinerarynya, nyiksaaa inih…Siapa yang bikin?Zzzzz…Hahhaha). Nah, bagian perjalanan ini ga terlalu nikmatin sih, soalnya beberapa kali kena macet dan emang cuman gitu-gitu aja kotanya (mungkin kita udah euphoria sama Bromo, jadi pas jalan-jalan kota Malang jadi biasa-biasa aja…Hahahaa). Di Malang sendiri kita kuliner ke Bakso Malang Presiden (ga terlalu aneh juga, soalnya di Bandung juga udah ada kok yang keliling2 kompleks gitu pake motor…hahaha. Emang dasarnya udah capek, jadi gamau mikir mau kemana lagi). Udah gitu ke Toko Oen (kalo kata saya sih overrated yaaah yang dibilang orang-orang (maap yah), interior dari resto nya juga ga terlalu aneh sih, mirip Sumber Hidangan di Braga Bandung). CMIIW. Terakhir kita ke Alun-alun Kota Batu, lumayan asik disini buat santai2, tapi ga lama juga kita disitu, soalnya kepatok sama waktu sewa mobilnya yang mepet (Lagian supirnya lumayan ga friendly sih, susah buat diajak cas cis cus nya). Jadinya udah dari situ kita pulang  menuju penginepan, istirahat persiapan besok ke Batu secret zoo. Yipieeee…